Serunya berwisata di Ancol ...

Ancol trip - The Gate to Gelanggang Samudra

Hayoo ... Kapan terakhir ke Ancol? Minggu lalu? Bulan lalu? Tahun lalu?

Saya akhir tahun lalu sempat ke Ancol, kebetulan waktu itu lagi ada discount voucher dari internet untuk ke Gelanggang Samudra 
(sekarang namanya Ocean Dream Samudra) yang merupakan salah satu bagian tempat rekreasi di Ancol ... Sebenarnya yang mengajak temen kuliah saya dulu, namanya Sinthya. Dia yang dapat voucher itu, lalu membujuk lalu memasak eh memaksa saya untuk ikutan ... Tapi memang lumayan lah karena harga tiketnya jadi setengahnya. Lebih lumayan lagi kalau dibayarin Sinthya ... tapi kenyataannya tidak :(


Jadi kami mengunjungi Ancol di tanggal 17 Desember 2011.

Rencana pertemuan di halte busway (TransJakarta) Harmoni, kemudian kita lanjut ke halte terakhir di stasiun Kota. Karena itu agak pagi-pagi berangkatnya, jadi kami sempatkan makan pagi dulu di warung makan pinggiran samping stasiun Kota; baru kemudian kita lanjut lagi ke Ancol.


Ancol trip - The Buggy
Setelah naik angkot dan menyambung dengan bus TransJakarta, akhirnya sampai juga di Ancol. Lumayan kalau ke Ancol naik TransJakarta karena haltenya sudah sampai di dalam kompleks Ancol. Walaupun sudah di dalam komplex Ancol, bukan berarti lokasi Gelanggang Samudranya tinggal sejengkal ... Ternyata masih jauh juga ... Untungnya ada buggy di dekat loket masuk ke Ancol. Pertama dikiranya gratis, eh ternyata bayar haha ... Ya sudah, daripada capai duluan sebelum sampai ... :D

...


Di loket GELANGGANG SAMUDRA, kami cukup menunjukkan voucher tiket masuk itu. Di dekat situ sudah dipampang jadwal pertunjukan di dalam. Kalau mau nonton semua mesti diatur benar-benar, biar tidak terlewat pertunjukannya.

Ancol trip - The Schedule for the Show


Ancol trip - The shows in poster
Akhirnya kami masuk ke dalam dan langsung ke pertunjukan Sinema 4D terlebih dahulu. Ternyata Ancol juga ada teater 4D nya lho ... Filmnya ada 3 macam: Dora, Little Prince, dan Turtle Vision. Pas saat itu dapetnya yang Turtle Vision. Waktu itu sepertinya lagi ada satu perusahaan yang piknik bareng, jadi terlihat banyak orang dengan kaos seragam yang sama. Termasuk waktu mengantri di pertunjukan 4D ini.


Ancol trip - The Theatre for The 4D Show
Sepertinya dulu pertunjukan ini belum ada ya, jadi lumayan penasaran juga dengan film 4D nya. Ternyata film dan 3D nya oke juga kok! Cuma satu sayangnya, saya tidak kena semprotan air ketika nonton, jadi tidak terasa efek 4D-nya deh haha. Pas lagi nonton si Sinthya tiba-tiba teriak kesenangan. Saya pikir ini kenapa kok teriak-teriak ya. Eh ternyata dia terkena semprotan airnya ... Eaaalaah ... Saya tidak dapat ;o))) Tapi selain itu semuanya bagus kok. Kami tidak sempat lihat film lainnya karena memang waktunya tidak memungkinkan ... Untuk yang Turtle Vision ini sudah menggunakan Bahasa Indonesia lho.


Ancol trip - Dolphin & Sea Lion show
Setelah selesai melihat Turtle Vision, kami langsung melihat jadwal yang sudah kami rencanakan, dan ternyata setelah ini jadwalnya melihat lumba-lumba dan singa laut. Jadi ingat dulu waktu kecil nonton pertunjukan ini rasanya senang benar ya. Pertama-tama yang keluar singa laut. Aksi mereka seperti biasa bermain-main dengan bola, menangkap gelang-gelang, lalu gerakan akrobat-akrobat yang lain, dan ... berhitung! Jangan mau kalah deh berhitung sama mereka :D

Kemudian muncul si lumba-lumba untuk beraksi. Lumba-lumba memang mamalia yang lucu. Banyak aksi-aksi hebat yang mereka lakukan. Mereka bisa melompat untuk menyentuh tangan si pelatih di tempat yang lumayan tinggi, melompat melalui lingkaran, bermain-main dengan gelang, dan masih banyak lagi. 



Ancol trip - Dolphin & Sea Lion show
Ancol trip - Dolphin & Sea Lion show

Selesai melihat aksi lumba-lumba, kok tiba-tiba hujan ... Untung Sinthya bawa payung ... tapi payung kecil! Alhasil sebelah kanan basah - sebelah kiri kering. 

Sambil hujan-hujanan, kami melihat peta yang kami ambil di loket masuk. Hmm ... sepertinya yang memungkinkan adalah pertunjukan Aneka Satwa.


Ancol trip - Various Animals show - The Parrot
Namanya saja Aneka Satwa, jadi satwanya bermacam-macam ya ... Pertama disambut SELAMAT DATANG oleh si burung nuri, kemudian muncul berang-berang, dan baru si beruang lucu. Dan terakhir ... muncullah kuda nil! Kuda nilnya besar! Jika dibandingkan dengan satwa yang sebelumnya, pastilah ini yang paling besar haha. Mulutnya saja ketika buka kelihatan besar banget! ;o))))


Ancol trip - Various Animals show - The Hippo

Ancol trip - The Scorpion Pirates Show
Pertunjukan terakhir yang kami lihat namanya Scorpion Pirates ... Ternyata ketika masuk ke area Scorpion Pirates, di bagian depan sudah ada semacam kolam dengan setting-an rumah apung dan menara ... Kl tidak salah, ada tulisan 'yang duduk di 3 baris terdepan siap-siap untuk basah' (kira-kira begitu ... atau jangan-jangan malah tidak ada tulisannya ya? :| ). Di Scorpion Pirates, ceritanya mirip film Waterworld ... Jadi di masa itu, daratan sudah tidak ada, hanya tinggal lautan saja, maka dari itu rumah-rumahnya mengapung di atas air. Nah kalau ceritanya nanti lihat saja sendiri ya :) Tapi pertunjukannya bagus banget, banyak atraksi-atraksi pakai speed boat kecil. Jadi ya memang, kalau yang duduk di barisan terdepan, akan kena cipratan airnya! (jangan-jangan nanti setelah baca ini tidak ada yang mau duduk di paling depan lagi ... ;o))) ).


Ancol trip - The Scorpion Pirates Show
Ancol trip - The Scorpion Pirates Show - Me, Sinthya, with the casts

...


Ancol trip - Sea World - The Entrance
Gelanggang Samudra sudah dilihat hampir semuanya, tapi kami belum mau pulang, karena memang belum terlalu malam. Akhirnya kami memutuskan untuk mengakhiri hari itu dengan mengunjungi ... SEA WORLD.

Sama seperti Gelanggang Samudra, saya sudah lama sekali tidak ke sini ... Bentuknya saja sudah tidak ingat ... Jadi mumpung sudah jauh-jauh ke sini, jadi sekalian saja ... Dan karena discount voucher-nya hanya untuk Gelanggang Samudra, jadi untuk masuk ke Sea World kami bayarnya full price :|.

Ketika masuk, saya langsung melihat aquarium yang cukup besar di tengah-tengah ruangan ... Di situ sudah banyak orang-orang berkumpul. Ternyata mereka lagi mendengarkan penjelasan staff dari Sea World. Dan sebentar lagi ... waktunya makan!!! Bukan, bukan makan ikannya ya ... nanti habis dong :| ,,, maksudnya sang ikan diberi makan. Salah satu staff-nya kemudian menyeburkan diri ke dalam aquarium itu sambil membawa ember yang isinya makanan.


Ancol trip - Sea World - Feeding time


Ancol trip - Sea World - Sinthya's starring at the aquarium
Setelah asyik memperhatikan ikan-ikan itu makan ... kami kemudian jalan keliling dan tentunya ikut masuk ke dalam aquarium itu melalui terowongan yang pakai conveyor belt. Di situ bisa kelihatan lebih jelas, ikan-ikan apa saja yang ada di aquarium jumbo itu. Bisa melihat ikan pari, ikan hiu, penyu, dan macam-macam.

Kami memang tidak terlalu lama di Sea World, karena tutup jam 6 sore, jadi ya sudah, berarti waktunya kami untuk pulang ... ;)))

Oh iya ... DI dalam Gelanggang Samudra dan Sea World itu ada tempat makannya, jadi kalau misalnya tidak membawa makanan, tidak perlu khawatir ;)

Sekarang giliran kalian yang menceritakan pengalaman ke Ancol!! :)


Ancol trip - Sea World - The Tunnel

...

Artikel ini saya submit di kompetisi Blog #EnjoyJakarta yang diadakan oleh VIVAlog. Walaupun tidak menang hadiah utama, tapi ternyata saya termasuk finalis yang mendapat hadiah hiburan. Lumayan juga haha! Hadiahnya dapat piagam dari Kementrian Pariwisata, Esia, dan KidZania :) 

Enjoy Jakarta VIVAlog Blog Competition - Ancol trip - Prize

Label: , , , , , , , , , , ,