Berkenalan dengan Purwakarta ...

Ketika mendapat kesempatan untuk menghadiri acara #SteakMaranggiFest di Purwakarta, saya langsung berpikir ‘Wah, dulu saya sudah pernah ke Purwakarta, tapi hanya menjemput teman di Sadang Town Square trus lanjut makan siang di Sate Anwar, dan kemudian meluncur ke Bandung.’ Itu pun saya hanya sekilas melintas di kota Purwakarta. Jadi senang banget ketika dapat kesempatan untuk berkunjung ke Purwakarta lagi!

Indonesia - Purwakarta - Pengumuman Acara #SteakMaranggiFest
Banner event #SteakMaranggiFest nih! (Purwakarta - Indonesia)
Ketika membaca hashtag #SteakMaranggiFest , wah kok ada yang beda nih. Kan memang makanan khas Purwakarta yang sudah terkenal itu si Sate Maranggi-nya. Lah kok ini malah steak ya hehe. #SteakMaranggiFest ini sendiri lebih merupakan perlombaan masak steak dengan bumbu Maranggi yang baru pertama kali diadakan di Purwakarta.


Setelah berjibaku dengan lalu lintas Jakarta – Purwakarta yang lumayan ‘bagaimana itu’ pas Sabtu siang kemarin – 5 Desember 2015; saya bersama blogger-blogger lain yang menjadi agen social media mewakili acara ini, akhirnya tiba juga di kompleks Pemkab Purwakarta, yang berlokasi di dekat Masjid Agung Baing Yusuf Purwakarta sekitar pukul 3 sore kurang.

Indonesia - Purwakarta - Masjid Agung Baing Yusuf
Touch down di Purwakarta, dan mendarat di depan Masjid Agung Baing yang lokasinya di dekat Kompleks Pemkab :-) (Purwakarta - Indonesia)
Walaupun acara #SteakMaranggiFest baru dimulai sekitar jam 7 malam, kami sudah mulai kegiatan dari sore ini, seperti berkesempatan untuk bertemu dan makan siang (yang telat hihi) dengan Bupati Purwakarta, Kang Dedi Mulyadi, di kantor Bupati. Selain itu juga kami berkesempatan untuk mengunjungi salah satu museum di Purwakarta.

Kesan pertama ketika memasuki kompleks ini adalah WOW, keren banget!! Dan asri pula tempatnya! Kompleksnya di penuhi dengan taman-taman yang asri dan cakep-cakep. Plus tentunya banyak pohon-pohon yang membuat suasana menjadi teduh, apalagi waktu itu cuaca mendung dan tidak terlalu panas, jadi suasananya mendukung banget untuk jalan-jalan.

Indonesia - Purwakarta - Kompleks Pemda - Taman nan indah
Woww cakep banget nih taman di kompleks Pemkab-nya!!! (Purwakarta - Indonesia)
Indonesia - Purwakarta - Kompleks Pemda - Taman lagi tetep indah
Duuuhhh keren lah penataan taman-taman di kompleks Pemkab-nya!! (Purwakarta - Indonesia)
Selain itu di kompleks tersebut ada beberapa pendopo, kolam, dan jembatan yang menghubungi taman-taman tadi dengan kantor Bupati. Kolamnya bahkan terdapat beberapa air mancur! Kerennya lagi adalah kompleks ini terbuka untuk umum lho!

Indonesia - Purwakarta - Kompleks Pemda - Pendopo di samping kolam
Cakep nih kompleks Pemkab-nya, ada kolam dan ada juga pendoponya (Purwakarta - Indonesia)
Jadi jamuan makan siang berlangsung di dalam kantor Bupati-nya. Ternyata kantornya pun ga kalah oke! Di bagian depan terpampang kereta-kereta kencana, dan ketika masuk ke dalam rumahnya, walah-walah saya makin berdecak kagum. Sangat apik, bersih dah nyaman. Ruangannya cukup besar untuk menampung kami yang berjumlah 20 orang ini. Lantai ruangan juga sudah dilapisi karpet, di mana di tengah-tengahnya terdapat semboyan ‘Purwakarta Istimewa.’ Selain itu, di ruangan ini juga terdapat beberapa lukisan, termasuk lukisan harimau putih dan Nyi Roro Kidul!

Indonesia - Purwakarta - Kompleks Pemda - Kantor Bupati - Ada lukisa harimau putihnya
Kantor Bupati-nya ca'em banget deh - didominasi warna putih jadi terkesan bersih! Eh ada harimau putih tuh ... Aummm *halah* (Purwakarta - Indonesia)
Tidak lama setelah kami berfoto-foto (wajib banget dilakuin!) di ruangan tersebut, Kang Dedi pun muncul diiringi dengan wanita cantik yang tidak lain dan tidak bukan adalah Chef Aiko! Lah ngapain ya Chef Aiko di sini … Dan baru tahu, kalau dia akan menjadi salah juri #SteakMaranggiFest nanti malam. Oalah pantas lah!

Indonesia - Purwakarta - Kompleks Pemda - Kang Dedi dan Chef Aiko muncul
Wah Kang Dedi muncul bersama Chef Aiko!! - di kantor kediaman Bupati (Purwakarta - Indonesia)
Makan siang bareng Kang Dedi tentunya disuguhkan makanan khas Purwakarta yakni sate Maranggi! Satenya melimpah lagi! Mau nambah berapa tusuk pun boleh! Selain itu ada juga pepes ikan dan ayam goreng hehe.

Indonesia - Purwakarta - Kompleks Pemda - Kantor Bupati - Masakan khas Purwakarta jadi menu makan siang
Yummm sate Maranggi nya ada banyaakkk ... - Acara makan siang bersama Kang Dedi (Purwakarta - Indonesia)
Tapi sebenarnya yang berkesan dari makan siang ini adalah Kang Dedi-nya sendiri. Beliau tuh sangat-sangatlah bersahaja dan ramah. Sayang saya belum bisa berbahasa Sunda, karena waktu itu beliau sempat bercakap-cakap sebagian dengan Bahasa Sunda huehehe. Tapi setelah beliau ngobrol pakai Bahasa Indonesia (dan baru bisa saya simak), beliau menuturkan kenapa digelar acara #SteakMaranggiFest ini. Beliau ternyata ingin memperkenalkan hal lain dari makanan asal Purwakarta, dan ingin mendiversifikasi (agak ribet ya nulisnya) makanan khas Purwakarta – sate Maranggi – menjadi steak Maranggi, karena beliau tahu, kalau makanan ‘steak’ juga merupakan makanan yang populer di kalangan anak muda. Bahkan steak yang diperlombakan di #SteakMaranggiFest , dagingnya merupakan hasil dari Kabupaten Purwakarta.

Indonesia - Purwakarta - Kompleks Pemda - Kantor Bupati - Makan siang bersama Kang Dedi dan Chef Aiko
Kang Dedi sambil makan, sambil bercerita mengenai rencana ke depan (Purwakarta - Indonesia)
Kang Dedi juga bercerita beberapa rencana dari kabupaten Purwakarta seperti menerapkan Wi-Fi di 2.000 saung sawah di Purwakarta, jadi nanti budak angon yang beternak bisa langsung memasarkannya di internet. Lalu juga ada program wajib minum susu dan wajib makan daging 2 kg tiap bulannya. Wow!

Selain itu juga akan diadakan Olimpiade di mana nantinya akan dikirim anak-anak berbakat dari Purwakarta ke luar negeri untuk magang di peternakan di luar negeri untuk belajar (untuk saat ini memang fokusnya di peternakan sih).

Nah si Kang Dedi ini memang ingin memajukan budaya ternak di warganya, karena beliau percaya budaya berhubungan dengan perekonomian. Beliau sendiri juga berternak dan memiliki domba-domba berkualitas baik. Makanya beliau juga lagi mencari tahu apa sih makanan dan minuman yang cocok untuk ternak di sini. Jadi nanti diharapkan kualitasnya akan menuju seperti daging asal Jepang – wagyu, yang ternaknya kadang diberi minum wine, dsb. Bahkan beliau juga sering membantu warganya yang kesusahan dengan mensubsidi ternak kepada penduduknya. Btw, ternyata di sini ada domba khas Purwakarta alias domba garwa yang merupakan persilangan dari domba jantan dari Garut dan domba betina dari Purwakarta!

Indonesia - Purwakarta - Museum Diorama - Kantor Bupati - Foto ramean antara blogger dan Kang Dedi
Bloggers foto bareng dengan Kang Dedi (Purwakarta - Indonesia)
Setelah makan siang dan berbincang-bincang dengan Kang Dedi, kami juga ada kesempatan untuk mengunjungi salah satu museum di Purwakarta. Well … mungkin untuk sebagian orang akan berpikir kalau museumnya akan terlihat kuno atau kurang dipelihara, dan ternyata Museum Diorama Purwakarta yang kami kunjungi berbeda, cuy! Jauh dari kesan kuno, apalagi tidak terpelihara.

Museum Diorama Purwakarta atau nama kerennya adalah Bale Panyawangan Diorama, yang terletak di jalan KK. Singawinata, merupakan museum yang patut dikunjungi. Di dalam museum ini sudah dilengkapi dengan arsip dalam bentuk digital, misalnya ada buku yang isi dokumennya disorot dari atas dan sudah menggunakan sensor jika kita ingin membalik halaman dari ‘buku’ tersebut.

Indonesia - Purwakarta - Museum Diorama - Buku Digital
Canggih deh ini buku digitalnya! - di Museum Diorama (Purwakarta - Indonesia)
Selain itu kita juga bisa berfoto bareng Kang Dedi lho di sini. Eits … Bukan berarti Kang Dedi akan selalu hadir di museum ini hehe, tapi Kang Dedi tampil dalam ujud digital di monitor! Tinggal atur posisi kita di layar, dan Kang Dedi akan ‘berjalan’ masuk ke tengah-tengah layar hehe.

Indonesia - Purwakarta - Museum Diorama - Foto bareng Kang Dedi secara virtual
Ciyeee foto bareng Kang Dedi lagiii ... - di Museum Diorama (Purwakarta - Indonesia)
Kalau kamu suka sepedaan, di museum ini juga disediakan sepeda untuk kamu gowes keliling Purwakarta, tapi sekali lagi, kelilingnya dalam bentuk virtual ya!

Indonesia - Purwakarta - Museum Diorama - Gowes Virtual
Wah ini blogger @EviSriRezeki lagi gowes keliling Purwakarta (Indonesia)
Canggih kan?!

Di Museum Diorama Purwakarta ini juga sudah dilengkapi dengan mini theatre. Memang sih, film-film yang ditampilkan bukan film-film box office, tapi lebih ke film-film singkat sejarah Purwakarta dan highlight dari wisata Purwakarta. Kemarin yang diputar adalah ‘highlight dari wisata Purwakarta’, dan di sana ditampilkan beberapa objek wisata yang terdapat di Purwakarta, mulai dari curug (air terjun)-nya, situ-nya, dan kerajinan keramik!

Wah gara-gara menonton videonya, jadi tahu deh di Purwakarta ada banyak tempat yang bisa dikunjungi nih!


Setelah mengunjungi Museum Diorama Purwakarta dan kemudian beristirahat sejenak di bale-bale depan kantor bupati, kami pun bersiap-siap untuk mengikuti acara #SteakMaranggiFest yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kompleks Pemkab-nya, yakni di Area Wisata Kuliner, Jalan KK. Singawinata.

Indonesia - Purwakarta - #SteakMaranggiFest - Ibu Anne (Ibu Bupati) sedang diwawancari
Wah Ibu Anne (Ibu Bupati) sudah langsung diwawancarin nih sblm membuka #SteakMaranggiFest (Purwakarta - Indonesia)
#SteakMaranggiFest ini dibuka oleh Istri Bupati, yang bernama Anne Ratna Mustika. Beliau selain membuka festival ini, ternyata juga menjadi juri lomba masak steak Maranggi ini bersama dengan Chef Aiko. Di sini terlihat sekali kalau beliau tampak sangat akrab dengan warga Purwakarta, bahkan beliau sempat membuat kuis seru-seruan dengan warga. Pertanyaannya aja mudah banget:

‘Misalnya kamu punya warung sate, kamu akan beri nama apa?’

Indonesia - Purwakarta - #SteakMaranggiFest - Ibu Anne (Ibu Bupati) menggelar kuis bersama warga
Ibu Anne (Ibu Bupati) mengadakan kuis seru-seruan bersama warganya (Purwakarta - Indonesia)
Ternyata jawaban dari 3 warga yang maju beragam dan lucu-lucu, mulai dari Sate Maranggi Mantan (aduh haha), Sate Maranggi Apalah Apalah (nah lho :D), dan yang terakhir Sate Maranggi Mantabh!

Nah yang menang yang mana hayo?!

#SteakMaranggiFest ini diikuti oleh 75 peserta, dan ternyata pesertanya adalah siswa dari SLTP dan SLTA di Purwakarta! WOW! Keren sekali … Ajarin saya masak donggg … belum bisa nih! *lho*

Ini coba lihat peserta-pesertanya ...!

Indonesia - Purwakarta - #SteakMaranggiFest - Peserta #1
So ... Bagaimana dengan peserta #SteakMaranggiFest yang ini? (Purwakarta - Indonesia)
Indonesia - Purwakarta - #SteakMaranggiFest - Peserta #2
Lah kalau peserta #SteakMaranggiFest yang ini gimana? (Purwakarta - Indonesia)
Indonesia - Purwakarta - #SteakMaranggiFest - Peserta #3
OMG ... mungkin itu yang lagi dipikirkan peserta #SteakMaranggiFest yang di tengah huehehe *peace* (Purwakarta - Indonesia)
Tampak sekali, warga Purwakarta antusias sekali dengan festival ini, dan banyak sekali yang sudah datang dan mendukung tim favoritnya!

Walaupun hujan mendera, tapi tim juri dan peserta tidak kehilangan semangat! Sayang saya, tidak sempat mencicipi makanannya, tapi tampaknya lezat nih, apalagi pake bumbu Maranggi!

Indonesia - Purwakarta - #SteakMaranggiFest - Ibu Anne (Ibu Bupati) mau mengetes masakan para siswa
Ibu Anne (Ibu Bupati) lagi memotong steak dari salah satu peserta untuk dicicipi di event #SteakMaranggiFest (Purwakarta - Indonesia)
Selain mencicipi makanan dan memberi nilai, tampaknya Chef Aiko juga senang memberikan nasihat, mulai dari bagaimana menata makanan sehingga terlihat lebih oke, seperti yang ini. Chef Aiko memberi masukan untuk menaruh telur puyuh yang sudah matang di atas mash potato-nya.

Indonesia - Purwakarta - #SteakMaranggiFest - Chef Aiko sedang berbincang dengan peserta
Chef Aiko lagi berbincang-bincang dengan peserta #SteakMaranggiFest (Purwakarta - Indonesia)
Indonesia - Purwakarta - #SteakMaranggiFest - Chef Aiko sedang memberi nasehat
'Coba taruh telor puyuh yang sudah digoreng di atas mashed potato-nya' kata Chef Aiko di #SteakMaranggiFest (Purwakarta - Indonesia)
Wah seru banget nih #SteakMaranggiFest-nya, padahal baru pertama kali diadain ya.

Dan beberapa dari kami mengakhiri malam ini dengan goyangan bersama dengan pemusik di acara ini!

Indonesia - Purwakarta - #SteakMaranggiFest - Dan para blogger pun bergoyang
What a wonderful day, today?! Mari akhiri hari ini dengan bergoyaanggg ... (Purwakarta - Indonesia)
Hari yang menyenangkan memang, di mana saya bisa bertemu langsung dengan Kang Dedi dan mendengarkan rencana-rencana beliau untuk Purwakarta, kemudian bisa berjalan-jalan sedikit di kota Purwakarta - termasuk ke Museum Diorama Purwakarta dan diakhiri dengan acara utamanya, yakni #SteakMaranggiFest .

Bisa dibilang sih, ini merupakan perkenalan saya yang sebenarnya dengan Purwakarta!

Jadi pengen balik lagi deh!

Purwakarta (memang) istimewa!

:-)

Indonesia - Purwakarta - Kantor Bupati - Foto bareng Kang Dedi
Meringis bareng Kang Dedi huehehe (Purwakarta - Indonesia)

Label: , , , , , , , ,